Cara Perawatan dan Perbaikan Genset 

yang dapat anda lakukan sendiri tanpa harus memanggil Teknisi Genset jika anda bisa melakukannya bisa mengurangi Biaya Service Genset
SERVICE GENSET MANUAL

Berikut ini SERVICE GENSET MANUAL :

A.Service Genset saat kondisi Genset mati / tidak hidup


    PERAWATAN DAN PERBAIKAN GENSET TIDAK HIDUP 
  1. Bersihkan ruang Genset atau Body Eksternal Genset dari debu dan kotoran juga dari area Genset tidak ada barang-barang yang sekiranya bisa menganggu sirkulasi udara saat Genset hidup dan pakai beban listrik.
  2. Bersihkan Genset dari kebocoran air radiator, oli mesin yang bocor atau rembesan solar.
  3. Bersihkan air filter / saringan udara jika dilihat dari fisik sudah kotor dan berdebu. 
  4. Buka tutup saringan udara lepas dan bawa saringan udara untuk di semprot dengan angin kompressor. Jangan terlalu dekat saat menyemprot dan usahakan dari dalam saringan udara
  5. Cek air radiator setiap mau hidupkan Genset. ( jangan membuka tutup radiator jika mesin dalam keadaan panas.! ) masukan jari anda jika ada air di jari anda bearti air radiator sudah cukup tambahkan air jika kurang, gunakan air bersih tanpa Zat besi ( air isi ulang / air galo ) lihat secara fisik apakah air radiator bersih berwarna abu-abu untuk memastikan air radiator tidak tercampur dengan oli mesin.
  6. Bersihkan dan semprot kisi-kisi radiator dengan kompressor angin. Siram air ke radiator dan semprot dengan angin ( jaga jarak agar tidak merusak kisi-kisi radiator )
  7. Cek kabel power dan kabel control dari kotoran dan kekencangan kabel. Kabel yang kendor bisa menyebabkan kebakaran, apakah skun atau sambungan kabel terlihat gosong.? Atau meleleh pada kabelnya. 

B.Service Genset saat kondisi Genset hidup tanpa beban listrik


    PERAWATAN DAN PERBAIKAN PANEL GENSET
  1. Hidupkan Genset tanpa gunakan beban listrik. Jika Genset tidak bisa hidup cek ACCU, jika usia Battery lebih dari 2 tahun sebaiknya ganti baru.
  2. Cek putaran mesin / RPM / HZ : kondisi normal RPM terbaca sekitar 1500 atau di HZ terbaca 50 HZ. Jika RPM lebih ari 1600 / 60 HZ berbahaya untuk installasi listrik. Apakah RPM / HZ stabil atau naik turun.? Jika tidak stabil ganti atau bersihkan saringan solar / bahan bakar. Bersihkan saringan udara atau ganti jika sudah terlalu kotor.
  3. Cek Voltage R. S. T ( untuk Genset three phase ) Voltage normal terbaca di 220 volt ( single phase ) dan 380 volt ( three phase ) apakah Voltage stabil atau naik turun. Cek AVR
  4. Cek indicator oil pressure posisi normal terbaca di 3 – 5 Bar tidak boleh di bawah 1 Bar
  5. Cek Water temperature posisi normal terbaca di 70 – 80 “C tidak boleh di atas 100”C
  6. Cek charging / pengisisan ACCU battery. Normal 14 volt DC atau 26 volt DC
  7. Jika Genset hidup tanpa beban jangan terlalu lama maksimal 30 menit.

C. Service Genset saat kondisi Genset dengan beban listrik

    PERBAIKAN SAAT GENSET DENGAN BEBAN LISTRIK
  1. Cek beban dengan indicator pada AMMPEREMETER. Sesuaikan kapasitas genset dengan pemakaian beban. Beban Genset maksimal sekitar 80% dari kapasitas total Genset.
  2. Saat Genset hidup dengan beban cek kembali step-step sesuai item B di atas ulangi kembali step-step nya.
  3. Naikan beban secara bertahap, dan tidak lebih dari 80% kapasits Genset ( agar tidak Genset overload )
  4. Cek asap gas buang apakah normal atau hitam dan putih
  5. Biarkan Genset hidup beberapa saat setelah pemakaian beban listrik
  6. Tips dan cara service genset di atas adalah langkah atau tindakan yang aman dan tidak berbahaya anda bisa melakukan sendiri.
  7. Cek Panel System ( baca cek panel : cara cek panel ats - amf genset )
Masalah yang sering terjadi pada Genset yang kurang atau tidak ada perawatan :
Genset tidak bisa Starter / hidup. Kemungkinan pada ACCU / Battere  karena Genset jarang dihidupkan dan tidak ada nya Battery Charger yang berfungsi mengisi ACCU / Battere  saat Genset tidak beroperasi. Jika perlu pasang Battery Charger agar accu tidak mudah droop Baca info battery charger dan fungsinya : fungsi-dari-battere-charger-genset

Lakukan Perawatan Genset pada ACCU / Battere  dan scedule pemanasan Genset.
Genset tidak stabil saat digunakan dengan beban listrik. Kemungkinan karena Genset ada masalah pada fuel system. Kurang perawatan pada system bahan bakar bakar menyebabkan kondisi Solar berubah menjadi kotor dan bercampur air, Saat Genset dipakai suplai bahan bakar tidak sempurna dan tidak mampu menyesuaikan kondisi beban listrik.
Lakukan perawatan Genset pada System Bahan bakar.

Ruang Genset kotor dengan debu atau system udara terhambat.
Genset akan mudah panas dan bisa tidak berfungsi pada pemakaian waktu lama.
Jika Safety system untuk Overheat tidak berfungsi akan berbahaya untuk Genset karena Genset tidak Shutdown / mati secara otomatis saat tercapai Overheat ( 105 C ).
PERAWATAN RUANG GENSET DAN INSTALLASI Lakukan scedule rutin untuk kebersihan Ruang Genset.
Pentingnya melakukan  Perawatan dan Perbaikan Genset untuk menghindari biaya  Repair Genset yang lebih mahal dibandingkan biaya Service Genset. Biaya dari perbaikan Genset lebih mahal pada Spare Part Genset dan Biaya Jasa Perbaikan Genset tapi itu kembali pada fungsi Genset tersebut jika punya Genset hanya untuk back up AC saja saya rasa tidak terlalu merugikan hanya kepanasan saja...

Untuk masalah Genset dan Panel yang lain sebaiknya anda panggil saya untuk perbaikan selanjutnya.
GUNADI PRASOJO / 081219991343 / 24 JAM

HARGA JASA PERAWATAN GENSET

Pentingnya suatu Perawatan Genset baik Genset untuk perumahan, perkantoran, pabrik atau fasilitas penting seperti rumah Sakit atau sarana umum. Baik pribadi maupun perusahaan akan berpikir dan butuh pertimbangan untuk biaya  yang keluar baik biaya untuk yang bersifat untuk pemasukan ( aktif ) atau biaya pengeluaran yang tidak aktif.

Genset bisa dikategorikan sebagai alat atau aset perusahaan yang bersifat tidak aktif karena tidak ada pemasukan dari Genset. Akan tetapi jika tidak ada Perawatan Genset justru  Genset rusak atau tidak berfungsi baik yang berakibat pada biaya  pengeluaran yang lebih besar baik biaya perbaikan Genset maupun Spare Part Genset belum termasuk kerugian dari akibat Genset yang tidak berfungsi saat PLn padam. Itulah fungsi dari suatu Biaya atau Harga Perawatan Genset.

Genset ibaratkan Mobil atau Motor yang meski tidak terpakai harus ada  tindakan Perawatan Genset minimal Genset dihidupkan atau dipanaskan 2 minggu sekali sekitar 15 menit.
Jangan tunggu PLN padam baru kita tahu Genset tersebut berfungsi atau tidak.!
Jasa Perawatan Genset atau lingkup Perawatan Genset tidak mahal dan tidak sulit dibandingkan Jasa Perbaikan Genset yang dari pekerjaan dan spare part lebih mahal.

Dimana tempat SERVICE GENSET yang terbaik...?

Jawaban yang tepat menurut saya adalah...yang terdekat.Tapi yang terdekat belum tentu bisa memberikan waktu...jadi anda harus punya suplier cadangan. Meskipun Genset anda sudah ada yang handle tidak ada salahnya anda menyimpan...No Handphone saya : Gunadi Prasojo ( 081219991343 ) baca tempat service genset :  service genset panggilan

CARA PERAWATAN DAN PERBAIKAN GENSET

TROUBLESHOOTING GENSET
Maksud dari Troubleshooting Genset adalah menemukan sumber kerusakan melakukan reparasi genset dengan cepat dan mencegah terulang kembali. Terutama pada saat Genset dioperasikan.
Dan cara yang paling efektif adalah dengan mengajukan pertanyaan awal kerusakan pada operator bisa menjadi acuan untuk analisa pada masalah Genset.  Baik Genset hidup saat dengan beban listrik maupun tanpa beban. Kapan masalah muncul apakah berdasarkan kapasitas beban atau berdasarkan tempo waktu pemakaian genset.
CARA CEK OLI MESIN GENSET
Hal – hal yang perlu dilakukan pada saat melakukan roubleshooting :
Jangan terburu – buru mengambil keputusan atau membingkar komponen Genset.
Tanyakan pada operator genset masalah sebelumnya dan kapan masalah terjadi.
Pemeriksaan secara visual dan Parameter indicator Genset.
Apabila trouble sudah didapat dan diperbaiki...
analisa pula penyebab masalah pada Genset agar tidak terulang.

Masalah yang sering terjadi pada Genset yang paling sering adalah karena kurangnya Perawatan Genset dengan asumsi bahwa Genset jarang digunakan jadi tidak memerlukan perawatan Genset, tapi justru saat diperlukan tidak bisa beroperasi ataupun beroperasi tidak maksimal.
Jika Genset untuk back up Kantor mungkin kerugian hanya pada AC dan Komputer tidak berfungsi, tapi jika Genset untuk Rumah Sakit, Hotel, pabrik...akan banyak kerugian yang didapat. 
Jadi sebaiknya ada perawatan untuk Genset meskipun ada biaya untuk Perawatan Genset tapi itu lebih baik dari pada biaya kerugian jika Genset tidak berfungsi.

Thank you / Terima kasih - semoga bermanfaat. 
info genset : 3 CARA SERVICE GENSET MANUAL
this artikel made by : Gun's-ID if you want to copy put my link as note.!
 
SERVICE GENSET 24jam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top